Pengertian Sistem, Keputusan dan Sistem Pendukung Keputusan

Pengertian Sistem, Keputusan dan Sistem Pendukung Keputusan - Mungkin ada dari anda yang sedang mengerjakan Skripsi ataupun Tugas Akhir dimana salah satu yang bisa dignakan adalah tentang Sistem Pendukung Keputusan, dan berikut ini akan saya berikan penjelasan dari masing-masing pengertian apa itu Sistem, Keputusan dan Sistem Pendukung Keputusan.

Pengertian Sistem Pendukung Keputusan
Pengertian Sistem, Keputusan dan Sistem Pendukung Keputusan


Pengertian Sistem


Sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling melengkapi dan terkait untuk mencapai tujuan bersama. Bagi banyak orang, istilah sistem memunculkan gambaran mental mengenai berbagai komputer dan pemrograman.  Menurut Jogiyanto dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. (Jogiyanto)

Sedangkan menurut James A. Hall,  sistem adalah kelompok dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang saling berhubungan yang berfungsi dengan tujuan  yang sama.

Pengertian Keputusan


Keputusan menurut kegiatan memilih suatu strategi atau tindakan dalam pemecahan masalah tersebut. Tindakan memilih strategi atau aksi yang diyakini manajer akan memberikan solusi terbaik atas sesuatu itu disebut pengambilan keputusan. Tujuan dari keputusan adalah untuk mencapai target atau aksi tertentu yang harus dilakukan.

Kriteria atau ciri-ciri dari keputusan  (Kusrini) adalah :
  1. Banyak pilihan/alternative
  2. Ada kendala atau syarat
  3. Mengikuti suatu pola/model tingkah laku, baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur
  4. Banyak input/variabel
  5. Ada faktor resiko
  6. Dibutuhkan kecepatan, ketepatan dan keakurata

Pengertian Sistem Pendukung Keputusan


Sistem Pendukung Keputusan (decision support system-DSS) adalah sistem informasi berbasis komputer yang menyediakan dukungan informasi interaktif bagi manajer dan praktisi bisnis selama proses pengambilan keputusan. Sistem pendukung keputusam menggunakan :
  • Model analitis
  • Database khusus
  • Penilaian dan pandangan pembuat keputusan
  • Proses permodelan berbasis komputer yang interaktif untuk mendukung pembuatan keputusan bisnis yang semiterstruktur dan tak terstruktur. (O’brien)


Itulah beberapa pengertian dari pecahan kalimat Sistem Pendukung Keputusan, dan semoga artikel ini berharga bagi anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Sistem, Keputusan dan Sistem Pendukung Keputusan"

Post a Comment