11 Tips untuk MABA (Mahasiswa Baru) di Awal Kuliah (Bonus)

Berdasarkan pengalaman saat masa-masa kuliah saya sekitar 4 tahun yang lalu, yang dimana saya masih kurang tau bagaimana prosedur di kampus. mulai dari pendaftaran, KRS dan lain-lain.
  
11 Tips untuk MABA Mahasiswa Baru di Awal Kuliah
(Gambar diambil dari Google Image)

1. Jangan lewatkan hari pendaftaran mata kuliah untuk mendapatkan kelas yang kamu inginkan atau perlukan. Ini sangat penting! Kehidupan kampus berbeda dari sekolah menengah. Kamu bertanggung jawab atas jadwal dan prioritasmu.


Kenapa?
kalau kalain suka datang terlambat maka kalian harus terima konsekuensinya. yaitu menerima sisa-saisa kelas :D

2. Jangan hanya bergaul dengan mahasiswa satu tingkat lain. Cari kakak kelas yang sudah memiliki pengalaman mengambil mata kuliah yang sama dengan kamu. Dari situ kamu bisa belajar tentang cara mengatur kehidupan kuliah.

Kenapa?
Karena kalau tidak seperti itu kalian akan bingung sendiri dan akhirnya ya tambah bingung lagi.

3. Jangan pergi ke kelas dengan penampilan berantakan seperti baru bangun tidur. Meskipun kampus tidak membuat aturan berpenampilan, terlihat seperti baru saja turun dari tempat tidur akan membuat lingkungan sekitar kurang menghargai kamu. Berpakaianlah dengan kasual namun tetap rapi.

Kenapa?
Masa kalian gak malu sebagai mahasiswa baru terlihat lusuh dan begitulah. gimana mau punya teman banyak. iya kan???

4. Jangan mengambil kelas di pagi hari sebelum jam 10 di tahun pertamamu kecuali kamu biasa bangun pagi atau kamu akan terkantuk-kantuk dan tidak bisa menyerap pelajaran dengan baik. Rutinitas baru membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan berbagai hal seperti sistem transportasi, cuaca dan gaya hidup. Usahakan untuk selalu siap dan menunjukkan konsentrasi penuh saat hadir di kelas.

Kenapa?
kalau pengen tahu coba rasakan deh satu semester ambil kuliah pagi, misal jam 8 atau 9. kalian akan berasa tersiksa, apalagi bagi kaum pria kayak saya :p.

5. Jangan melewatkan kesempatan untuk berpartisipasi di berbagai kegiatan organisasi kampus karena pengalaman itu akan memperkaya dirimu.

Kenapa?
Ini penting buat membangun jiwa leadership dan kerjasama tim (penting saat masuk masa kerja). namun harus INGAT Jangan terlampau aktif terlibat karena kamu bisa-bisa tidak punya cukup waktu untuk kepentingan diri sendiri. Cobalah hadir di pertemuan-pertemuan pertama kegiatan organisasi dan baru pilihlah yang kamu suka.

6. Jangan menghabiskan seluruh waktu kamu dengan main social media, misal facebook, Twitter, Path dll.

Kenapa?
Carilah aktifitas yang lebih berguna, misalnya membuat dan menulis blog pribadi.
Blog itu selain mengasah pikiran kita juga pada akhirnya bisa mengahasilkan duit (kalau blog kalian udah populer ya :p) lagian buat blog kan juga gratis.

Misalnya. Blog tentang KESEHATAN "9 Cara / Tips Memiliki Jantung Sehat"
atau dengan tema atau judul  yang lebih ringan "Jika Tidak Mampu Romantis, Katakan Dengan Ini"

Bisa juga kalian memilih atau mencari Bisnis online yang bisa kalian lakukan di sela-sela waktu.
namun baca ini dulu "Bisnis Online? Ini Pengalaman Pribadi Saya"

7. Jangan takut untuk duduk di samping teman sekelas yang belum kamu kenal. Kamu mungkin merasa adalah orang yang pemalu dan belum berani untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Menjadi anak kuliah berarti sudah saatnya kamu bersikap proaktif.

Kenapa?
hal itu bisa ningkatin kualitas kalian dan pastinya juga nilai kalian. kalian bisa buktikan hal tersebut.

8. Jangan lupa untuk mempergunakan fasilitas yang menjadi hakmu sebagai pelajar. Kampus menawarkan banyak fasilitas gratis seperti konsultasi akademik gratis, hiburan, ruangan, dll. karena semua itu sudah kalian bayar waktu kalian membayar uang semester di awal.

Keanapa?
Masa kalian mau dikamar terus gan. tunjukin dong bakat kalian :)

10. Jangan menyimpan karya akademikmu di alat elektronik yang berisko. Kehilangan thumbdrive, laptop yang bermasalah bisa membuat kamu gagal menyerahkan tugas tepat waktu. Pakailah Google docs (GDocs) atau DropBox atau Box dll sebagai cadangan (back-up) sehingga karya akademikmu aman.
Kenapa?
masa waktu yang sudah kalian curahkan untuk semua hal yang sudah tersimpan itu hilang begitu saja. soalnya saya pernah ngerasain kehilangan file kuliah dari semester 1 sampai 4 gara gara hardisk saya keformat. "SAKITNYA TUH DISINI"

11. Jangan terburu-buru membina hubungan asmara (jika kamu lajang), atau menghabiskan terlalu banyak waktu mengkhawatirkan tentang pacar kamu di sana atau di negara lain. Tahun pertama di kampus akan menyita perhatianmu. Jadi berhati-hatilah untuk tidak terlarut dalam hal-hal yang mungkin akan menghambat kamu sukses dalam hal akademik.

Kenapa?
jawab sendiri ya :p

12. Banyak-banyak minta doa kepada orang tua ya gan.. Itu sangat penting bagi kehidupanmu.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "11 Tips untuk MABA (Mahasiswa Baru) di Awal Kuliah (Bonus)"

  1. Nice Info jangan lupa kunjungi blog saya Thanks.. ^^
    http://skripsisurabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Trimksh telah berbagai pengalaman. Sukes terus min

    ReplyDelete
  3. terima kasih, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  4. https://www.foxteamswin.com/2018/07/maba-wajib-baca-tantangan-mahasiswa-baru.html?m=1

    ReplyDelete