Bedanya Masa SMA sama Kuliah? Mungkin Ini Bisa Mewakili

Mungkin banyak anak SMA atau sederajat yang bertanya-tanya apa sih Bedanya Masa SMA dan Masa Kuliah? Jawabanya banyak kawan.

http://methodmetode.blogspot.com/2015/02/masih-kuliah-dan-pengen-cepet-lulus.html
(Gambar diambil dari Google Image)

Kita mulai dari pagi sampai malam ya.
Kalau pagi-pagi anak SMA sudah siap-siap buat berangkat sekolah, namun bagi anak kuliahan belum tentu. Kadang bisa pagi kadang juga berangkat siang, sore atupun malam. Jadi intinya dilihat dari jam masuk pun sudah bisa dilihat dan diketahui.

Kalau anak SMA rata-rata nasuk sekolah di hari senin sampai sabtu, kalau bagi yang MA (Madrasa Aliyah) liburnya hari jumat. Namun bagi anak kuliahan belum tentu karena malah gak teratur masuk kuliahnya, misal senin masuk selasa libur. apalagi buat yang mahasiswa eksekutif masuknya cuma di hari sabtu dan minggu.

Kalau dilihat dari sisi mata pelajaran (bahasa anak SMA kebawah) dan MATKUL atau mata kuliah (bahasa anak kampus) malah lebih gak teratur lagi. kalau anak SMA itu lebih teratur karena mata pelajaran yang diberikan sudah ditentukan sama sekolah atau dari pemerintah. sedangkan bagi anak kuliah mata kuliahnya acak-acakan. 
Pertanyaanya kok bisa? 


Karena di jenjang kuliah itu mahasiswa diberi keleluasaan untuk memilih jam masuk kuliah, mata pelajaran yang diambil (misal mata kuliah semester 5 diambil di semeste 3, ataupun sebaliknya) itu bisa. namun tentu ada peraturannya masing-masing gan.

Kalau dilihat dari pakaianya pasti kelihatan kan? anak SMA kebawah itu biasanya pakai seragam, namun bagi anak kuliahan pakaianya bebas (tapi sopan ya). walau terkadang hari-hari tertentu ada peraturannya misal hari kamis harus pakai jas almamater.

Sekarang lanjut dari segi Pembelajaran anak SMA dan anak kuliah, kalau anak SMA itu di bimbingnya lebih ke di arahkan namun kalau anak kuliah lebih sekedar di tunjukkan jalannya, setelah itu terserah mahasiswanya mau kemana arahnya. (kalau masih bingung soal yang ini silahkan kasih komentar di kolom komentar dibawah artikel ini ya, nanti akan saya perjelas lagi. OK)

Kalau dari segi jam pelajaran ini sangat jauh berbeda karena kalau Anak SMA jam pelajaranya biasanya dari jam 7 atau 8 sampai siang atau sore. namun bagi mahasiswa paling satu mata kuliah cuma 2 jam, setelah itu kalau memang hari itu dia ada mata kuliah lagi ya dilanjutin ke jam mata kuliah selanjutnya, kalau tidak ada ya paling kalau gak nongkrong pulang :D. enak kan?

yang terakhir dari sesi ini adalah....

UANG SAKU
Anak SMA uang jajanya lebih banyak gan.. tiap hari dapet lagi kalau memang bukan anak kos. tapi bagi mahasiswa biasanya seminggu sekali atau sebulan sekali ngasihnya.. jadi harus bisa menjaga diri dan perut.

sebenarnya masih banyak cerita dan perbedaan lainya, namun pada sesi ini sampai disini dulu ya. kalau ada waktu pasti akan lebih detail lagi tentang cerita dan perbedaan-perbedaanya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bedanya Masa SMA sama Kuliah? Mungkin Ini Bisa Mewakili"

Post a Comment