Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah

Pada Jaman sekarang ini banyak sekali Mahasiswa yang berfikir untuk mengambil studi kuliah mereka sambil bekerja, memang tidak ada salahnya mealakukan kedua hal itu pada waktu yang mungkin bersamaan. namun ada hal-hal yang perlu dipahami terlebih dahulu apabila ingin Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah.

Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah
(Gambar diambil dari Google Image)

Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah? Pertama yang harus anda pahami adalah dua kalimat diatas memiliki arti yang berbeda, namun memliki kesamaan dalam waktu implementasinya. lalu dimana perbedaan kedua hal tersebut?

Yang membedakan antara Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah adalah pada sisi KOMITMEN. jadi apabila yang kalian hadapi atau kalian inginkan saat ini adalah Kuliah sambil kerja maka yang harus kalian utamakan disitu haruslah kuliah kalian. jadi pada intinya jangan sampai kuliah kalian terbengkalai atau tidak selesai-selesai karena tuntutan pekerjaan kalian. Karena disini yang dibutuhkan adalah komitmen untuk menyeselesaikan kuliah scepatnya dan mendapatkan nilai baik namun disisi lain bisa mendapatkan penghasilan untuk biaya tambahan kuliah di sela-sela waktu.

Bagaiman mengatur hal tersebut agar bisa dilakukan? Silahkan baca artikel dibawah ini sebagai bahan referensi kalian.


Lalu kembali ke pembahasan awal 'Kerja sambil Kuliah' disini sama yang kita butuhkan yaitu Komitmen. namun memang dalam hal ini yang kita prioritaskan haruslah Pekerjaan kita. Karena memang pada dasarnya masalah yang satu ini lebih sering dihadapi oleh orang-orang yang sudah mapan bekerja atau sudah bekerja namun ingin melanjutkan kembali ke bangku kuliah denngan berbagai alasan yang mereka punyai. dan tentunya kebanyakan lebih ke orang-orang yang sudah lulus S1 dan bekerja namun masih ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu S2 atau seterusnya.

Pertanyaanya sekarang adalah Bagaimana menentukan Komitmen yang tepat?

Komitmen adalah hal yang harus kita tentukan sendiri karena kita sendiri lah yang mengetahui suatu hal baik atau buruk, penting atau tidak penting bagi diri kita. jadi yang perlu kita lakukan adalah yang memang terbaik bagi kita dan tentunya harus memperhitungkan dengan aspek-aspek yang lain. 
Sebagai contoh, sesorang sudah berumur 35 tahun sebagai sarajana S1, sudah menjadi pekerja tetap di suatu perusahaan namun tiba-tiba dia ingin melanjutkan studinya lagi. Jadi menurut kalian mana yang lebih abik menjadi komitmen dari permasalahn diatas? tentunya Pekerjaanya. karena di umur tersebut seseorang sudah memiliki keluarga yang harus dipenuhi kebutuhan keluarganya.


Pada akhirnya kalian sendirilah yang menentukan bagaimana kehidupan kalian selanjutnya dan tentunya semoga apa yang anda lakukan sukses dan memberi manfaat bagi hidup anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kuliah Sambil Kerja atau Kerja Sambil Kuliah"

Post a Comment